WEBSITE
Situs web (bahasa inggris: web
site) atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait,
terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas
lainnya. Sebuah situs web biasanya
ditempatkan setidaknya pada sebuah server
web yang dapat diakses melalui
jaringan seperti internet, ataupun jaringan
wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang
dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Warning Wera Wanua atau
lebih dikenal dengan singkatan WWW.
Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik
secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi
publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk
melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk
dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web
tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain.
Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati
privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebaga berkas teks
biasa (plain text) yang diatur dan
dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi
dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas
tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti
layaknya sebuah halaman pada monitor
komputer.
Halaman-halaman web
tersebut diakses oleh pengguna melalui protokol komunikasi jaringan yang
disebut sebagai HTTP, sebagai tambahan
untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web
dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.
Sejarah WEBSITE
Penemu situs web adalah Sir Timothy John Tim Berners-Lee,
sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada
tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan
tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia
bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh
publik.
Sebuah situs web bisa
berupa hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan
dari suatu organisasi, perusahaan. biasanya pembahasan dalam sebuah situs web
merujuk pada sebuah ataupun beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu.
Sebuah situs web bisa berisi pranala yang menghubungkan ke situs web lain,
demkian pula dengan situs web lainnya. Hal ini terkadang membuat perbedaan antara
situs web yang dibuat oleh individu ataupun perseorangan dengan situs web yang
dibuat oleh organisasi bisnis menjadi tidak begitu jelas.
Situs web biasanya
ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan
perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas
protokol HTTP yang disebut
sebagai Server HTTP (bahasa inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
PRA WEB : Memex, Hypertext, Usenet, FTP, dan Ghoper
Sebelum kita mengenal
tentang Web science, kita perlu mengerti dari kata itu sendiri dan apa saja
yang berhubungan dengan web science. Disini saya mengenalkan tentang
Memex,Hypertext, Internet, usenet, ftp, dan gopher untuk memberikan sebuah
pengenalan dari web science dan perngertiannya.
1. Memex
Memex ( berasal
dari "memori" dan "index") adalah nama dari sistem
proto hypertext hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di
Artikel Atlantic Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan memex
sebagai perangkat di mana individu akan kompres dan simpan semua buku-buku
mereka, catatan, dan komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan
melebihi kecepatan dan fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen penting
dan diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex mempengaruhi perkembangan
sistem hypertext awal (akhirnya mengarah pada pembentukan World Wide Web) dan
perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi yang
digunakan akan menjadi kombinasi kontrol elektromekanik, kamera mikrofilm dan
pembaca, semua terintegrasi ke dalam meja besar. Sebagian perpustakaan
mikrofilm akan telah terkandung dalam meja, tetapi pengguna bisa menambah atau
menghapus gulungan mikrofilm.
Memex akan menjadi
semacam file pribadi mekanik dan perpustakaan. Ini akan menggunakan penyimpanan
mikrofilm, fotografi kering, dan komputasi analog untuk memberikan sarjana
pasca perang akses ke repositori, besar diindeks pengetahuan. Setiap bagian
yang bisa disebut dengan beberapa penekanan tombol.
Visi dari memex
mendahului, dan dikreditkan sebagai inspirasi bagi kita, sistem pertama
hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush menggambarkan visi memex dan lainnya
dari "As We May Think" sebagai proyeksi dari teknologi yang dikenal
pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat Jules Verne atau 1945 usulan Arthur
C. Clarke untuk mengorbit satelit geosynchronous untuk telekomunikasi global.
The memex diusulkan oleh Bush akan menciptakan jejak link yang menghubungkan
urutan frame mikrofilm, daripada link dalam pengertian modern di mana hyperlink
menghubungkan kata frase tunggal atau gambar dalam dokumen dan tujuan lokal
atau remote.
Memex ini akan
memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai
mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari layar sentuh yang
sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar sendiri, baik
menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke item tertentu.
Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang tersedia kepadanya.
Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang menarik dan
menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex sendiri, ada juga
untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat memex,
sarjana bisa menciptakan alat sendiri pengetahuan sebagai koneksi dalam
berlembar-lembar informasi, berbagi alat-alat, dan menggunakan kompleks alat
untuk menciptakan pengetahuan namun lebih canggih yang pada gilirannya dapat
digunakan terhadap pekerjaan ini The memex telah dibayangkan. sebagai sarana
mengubah ledakan informasi menjadi ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah
satu impian mendefinisikan media baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi
catatan.
Antara tahun
1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa Stanford yang sedang mencari
proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada atasannya. Supervisor baru saja
melihat demonstrasi dari World Wide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan dan
lebih baik serupa dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak
harus secara manual dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan
menggunakan kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan
AltaVista, yang dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari
Web.
2.
Hypertext
Hypertext adalah
teks yang ditampilkan pada layar komputer atau perangkat elektronik lainnya
dengan referensi hyperlink ke teks lain yang pembaca dapat langsung mengakses,
biasanya dengan satu klik mouse, urutan menekan tombol atau dengan menyentuh
layar. Selain teks, hypertext kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan
tabel, gambar, dan bentuk lain konten presentasi dengan hyperlink. Hypertext
adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari World Wide Web. Ini
memungkinkan koneksi mudah digunakan dan fleksibel dan berbagi informasi
melalui Internet.
Dokumen
hypertext dapat menjadi statis (dipersiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis
(terus-menerus berubah dalam menanggapi input pengguna, seperti halaman web
dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data
dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku-buku tentang CD. Sebuah
sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna
lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah. Link yang digunakan
dalam dokumen hypertext biasanya mengganti bagian saat hypertext dengan dokumen
tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan adalah StretchText, yang
mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan kontrol yang lebih kepada
pembaca dalam menentukan tingkat detail dari dokumen yang ditampilkan.
Hypertext dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis
menghubungkan dan referensi silang. Implementasi paling terkenal dari hypertext
adalah World Wide Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan
penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna dari cerita dapat
disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik
untuk lingkungan digital jaringan. Penggunaan kreatif pengarang dari node,
mandiri unit arti di dalam narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi
pembaca dan menambahkan makna ke teks.
3. Internet
Internet adalah
sistem global jaringan komputer yang saling berhubungan yang menggunakan
standar Internet protocol suite (TCP / IP) untuk melayani miliaran pengguna di
seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari jaringan yang terdiri dari jutaan
pribadi, umum, akademik, bisnis, dan jaringan pemerintah, dari lokal untuk
lingkup global, yang dihubungkan oleh sebuah array yang luas dari teknologi
jaringan elektronik, nirkabel dan optik. Internet membawa berbagai pilihan
sumber daya informasi dan layanan, seperti antar-linked hypertext dokumen dari
World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk mendukung email.
Asal-usul
Internet mencapai kembali ke penelitian tahun 1960, ditugaskan oleh pemerintah
Amerika Serikat untuk membangun kuat, fault-tolerant, dan didistribusikan
jaringan komputer. Dana tulang punggung baru AS oleh National Science
Foundation pada 1980-an, serta pendanaan swasta untuk tulang punggung komersial
lainnya, menyebabkan partisipasi seluruh dunia dalam pengembangan teknologi
jaringan baru, dan penggabungan banyak jaringan. The komersialisasi dari apa
yang oleh 1990-an jaringan internasional mengakibatkan mempopulerkan dan
penggabungan ke dalam hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada Juni
2012, lebih dari 2,4 miliar orang-lebih dari sepertiga manusia di dunia
populasi telah menggunakan jasa Internet.
Sejak
pertengahan 1990-an Internet telah memiliki dampak yang luar biasa pada budaya
dan perdagangan, termasuk meningkatnya komunikasi instan dekat melalui email,
instant messaging, Voice over Internet Protocol (VoIP) "panggilan
telepon", dua arah panggilan video interaktif, dan World Wide Web [23]
dengan forum diskusi nya, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online.
Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi
dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbit / s,
10-Gbit / s, atau lebih. Internet terus berkembang, didorong oleh jumlah
semakin besar informasi online dan pengetahuan, perdagangan, hiburan dan
jaringan sosial.
Internet
memungkinkan fleksibilitas lebih besar dalam jam kerja dan lokasi, terutama
dengan penyebaran unmetered koneksi berkecepatan tinggi. Internet dapat diakses
hampir di mana saja dengan cara banyak, termasuk melalui perangkat internet
mobile. Ponsel, datacards, konsol game genggam dan router seluler memungkinkan
pengguna untuk terhubung ke internet secara nirkabel. Dalam keterbatasan yang
ditetapkan oleh layar kecil dan fasilitas terbatas lainnya seperti perangkat
berukuran saku, layanan Internet, termasuk email dan web, mungkin tersedia.
Penyedia layanan dapat membatasi layanan yang ditawarkan dan data mobile biaya
mungkin jauh lebih tinggi daripada metode akses lainnya.
Internet juga memungkinkan
pengguna komputer untuk mengakses remote komputer lain dan menyimpan informasi
dengan mudah, dimanapun mereka berada. Mereka mungkin melakukan hal ini dengan
atau tanpa keamanan komputer, yaitu otentikasi dan teknologi enkripsi,
tergantung pada persyaratan. Hal ini mendorong cara-cara baru bekerja dari
rumah berbagi, kolaborasi dan informasi di banyak industri.
4. Usenet
Seperti artinya
usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak sekali cara
seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW (World Wide Web)
sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai
dari Infrastruktur komunikasi Internet terdiri dari komponen perangkat
keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol berbagai aspek
arsitektur. Sementara perangkat keras sering dapat digunakan untuk mendukung
sistem perangkat lunak lain, itu adalah desain dan proses standarisasi yang
ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan Internet dan memberikan
fondasi untuk skalabilitas dan sukses.
Komponen yang
paling menonjol dari model internet adalah Internet Protocol (IP), yang
menyediakan sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di Internet. IP
memungkinkan internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet itu sendiri.
Versi IP 4 (IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi pertama dari
internet hari ini dan masih digunakan dominan.
Banyak orang
menggunakan internet dan istilah World Wide Web atau hanya Web, bergantian,
tetapi dua istilah yang tidak sama. World Wide Web adalah sistem pencarian
sebuah situs. Dunia Web Lebar perangkat lunak browser, seperti Microsoft
Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google Chrome,
memungkinkan pengguna menavigasi dari satu halaman web yang lain melalui
hyperlink tertanam dalam dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet yang
dapat digunakan atau di akses yaitu :
1.Media streaming adalah pengiriman real-time media digital untuk konsumsi
langsung atau kenikmatan oleh pengguna akhir. Contoh : Digital media streaming
dan Webcam.
2.File sharing adalah contoh dari mentransfer sejumlah besar data di
Internet.
5. FTP
File Transfer
Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet.
FTP dibangun
pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan sambungan
data antara klien dan server [1] FTP pengguna dapat mengotentikasi sendiri
menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol, biasanya dalam bentuk username
dan password. , tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi
untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman yang menyembunyikan (enkripsi)
username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL
/ TLS ("FTPS"). SSH File Transfer Protocol ("SFTP")
kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti, tetapi teknologi yang berbeda.
Aplikasi FTP
client pertama adalah baris perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem
operasi memiliki antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows
kebanyakan, Unix, dan sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan
utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat
mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi
produktivitas, seperti editor halaman Web.Ada beberapa metode aman mentransfer
file yang telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain.
FTP dapat
berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi data
didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke server dan
mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian menunggu
sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan nomor
client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan tidak
dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus ini,
klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan
kemudian menerima alamat IP server dan nomor port server dari server klien yang
kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP
server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan
September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan lebih lanjut diperkenalkan ke
mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif diperpanjang.
6. Ghoper
6. Ghoper
Protokol Gopher
(pron.: / ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang dirancang
untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher disajikan alternatif
untuk World Wide Web dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang
dominan. Ekosistem Gopher sering dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan oleh
tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota, protokol
ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan menerapkan
hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks
antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok untuk lingkungan komputasi
yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks terminal komputer, yang
masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol
yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher revisi yang lebih baru
dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia. Gopher disukai oleh
banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya jaringan yang lebih
sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan struktur
hirarki, Gopher menyediakan platform yang berguna untuk skala besar koneksi
perpustakaan elektronik pertama pengguna Gopher mengingat sistem sebagai
"lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" daripada
layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun
berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil
dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher
menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang
Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti
FTP dan Usenet.
Untuk
mendapatkan teks yang Anda inginkan, Anda harus mengklik beberapa link, dan
membaca melalui menu setiap kali sebelum Anda memilih link lain. Namun yang
bekerja lebih cepat daripada orang mungkin berpikir hari ini, dan di masa
kejayaan Gopher, banyak waktu dihabiskan memilih dan mengatur link di layout
yang dapat digenggam sekilas. Gopher menjadi teks-penanganan, dokumen-sistem
pengiriman itu dimaksudkan untuk menjadi. Seorang pengguna bisa menampilkan dokumen
teks pada layar nya, simpan ke file, mencetaknya, atau bahkan e-mail salinan ke
orang lain di Internet. Gopher menjadi klien dominan untuk layanan informasi
lainnya: Server Information Wide Area (WAIS), FTP, dan Archie, database file
yang dipegang oleh sebagian besar anonim utama (publik) situs FTP di Internet.
Awalnya, Gopher bisa mencari hanya satu database WAIS pada satu waktu, dan WAIS
s "relevansi umpan balik" alat (menemukan konten-dokumen sejenisnya)
tidak tersedia
WEB 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama
yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja
dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi
pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki
sifat yang sedikit interaktif. Berbagai Website seperti situs berita “cnn.com”
atau situs belanja “Bhinneka.com” dapat dikategorikan ke dalam jenis ini.
Web memiliki 1.0 sifat read. Juga
memiliki ciri-ciri umum yang mencolok yaitu consult, surf dan search. Jadi web
1.0 kita kebanyakan hanya sekedar mencari atau browsing untuk mendapatkan
informasi tertentu. Web 1,0 adalah retronym yang merujuk pada World Wide Web,
dan setiap web gaya digunakan sebelum kedatangan Web 2,0.Keterbatasan pada Web
1.0 yang mengharuskan pengguna internet untuk datang ke dalam website tersebut
dan melihat satu persatu konten di dalamnya.
Ciri-ciri web 1.0 :
1. Halaman statis, bukan dinamis
pengguna-konten yang dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi
seperti dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol,
biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan
mempromosikan produk lain.
6. Pengguna akan
mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email klien akan
mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.
WEB 2.0
Istilah Web 2.0 pertama kalinya
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web. Web
2.0 adalah buzzword terbaru di dunia internet.
Berbagai inovasi dan fitur-fitur baru
yang muncul di dunia web membawa suatu pandangan baru tentang jenis situs web
atau aplikasi web yang disebut web 2.0. Istilah web 2.0 disebut-sebut oleh Dale
Dougherty dari O’Reilly Media yang melakukan brainstorming dengan Craig Cline
dari Media Live untuk menghasilkan ide konferensi di mana mereka menjadi host.
Akhirnya pada bukan Oktober 2004 O’Reilly Media, Battele dan MediaLive mlakukan
konferensi web 2.0 pertama dan kedua pada bulan Oktober 2005. Sebelum muncul
istilah web 2.0 yang sering digunakan adalah istilah semantic web.generasi
kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online.
Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah:
Membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih
banyak lagi pengguna aplikasi tersebut” Berbagai layanan berbasis web seperti
jejaring sosial, wiki dan folksonomies (misalnya: “flickr.com”, “del.icio.us”)
merupakan teknologi Web 2.0 yang menambah interaktifitas di antara para
pengguna Web.
Web 2.0 mempunyai keuntungan yaitu
memungkinkan pengguna internet dapat melihat konten suatu website tanpa harus
berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan. Kemampuan Web 2.0 juga dalam
melakukan aktivitas drag and drop, auto complete, chat, dan voice seperti
layaknya aplikasi desktop, bahkan berlaku seperti sistem operasi, dengan
menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API) yang ada di internet. Hal
tersebut akan merubah paradigma pengembang sofware dari distribusi produk
menjadi distribusi layanan.Sifat dari web 2.0 adalah read write. Web 2.0
mempunyai kelebihan dimana interaksi sosial di dunia maya sudah menjadi
kebutuhan, sehingga era Web 2.0 ini memiliki beberapa ciri mencolok yaitu
share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang, penggunaan web untuk
berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Web 2.0 hadir
seiring maraknya pengguna blog, Friendster, Myspace, Youtube dan Fickr.
WEB 3.0
Walaupun masih dalam perdebatan di
kalangan analis dan peneliti, istilah Web 3.0 tetap berpotensi menjadi generasi
teknologi di dunia Internet. Saat ini, definisi untuk Web 3.0 sangat beragam
mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web
berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun, menurut John Markoff, Web
3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam
membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web
memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat
hanya diekspresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga
di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh
perangkat lunak (software agents). Melalui Semantic Web inilah, berbagai
perangkat lunak akan mampu mencari, membagi, dan mengintegrasikan informasi
dengan cara yang lebih mudah
Pembuatan Semantic Web dimungkinkan dengan
adanya sekumpulan standar yang dikoordinasi oleh World Wide Web Consortium
(W3C). Standar yang paling penting dalam membangun Semantic Web adalah XML, XML
Schema, RDF, OWL, dan SPARQL.
Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep
dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web
untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu
dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan
yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta.
Web 3.0 menawarkan metode yang efisien
dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Web 3.0 juga memungkinkan fitur Web menjadi sebuah sarana penyimpanan data
dengan kapasitas yang luar biasa besar.
PERTUMBUHAN SOSIAL DAN
EKONOMI
Pesatnya perkembangan media sosial kini
dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk
memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas
bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis,
dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing,
media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling
membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir,
berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan
membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita
sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam
hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa
media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri
dan kebutuhan menciptakan personal branding.
Optimalisasi penggunaan internet
diperkirakan dapat berkontribusi sekitar 30% terhadap pertumbuhan ekonomi di
suatu daerah. Pengamat ekonomi dari Enciety Business Consult Kresnayana Yahya
mengatakan melalui internet, informasi akan suatu hal dapat segera
disebarluaskan ke seluruh wilayah, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar
negeri. Penyebaran informasi itu penting untuk memberitahu publik akan potensi
yang dimiliki oleh suatu daerah. Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat yang
melek internet itu berperan penting dalam promosi potensi yang dimiliki oleh
daerahnya.
Dengan mempublikasikannya di internet,
orang jadi mengetahui ada apa saja di tempat itu. Sehingga, bisa meningkatkan
kunjungan wisatawan termasuk mendatangkan investor untuk ikut mengembangkan
daerah tersebut. Saya perkirakan 30% bisa ikut menyumbang terhadap pertumbuhan
ekonomi,” ujarnya, Jumat (8/3) sore. Selain menjadi sarana promosi, dengan
pengenalan internet juga dapat ikut berkontribusi dalam bidang pendidikan.
Web Science adalah kajian sains dari web
yang lahir dari sistem informasi. Pada web science membutuhkan pemahaman akan
web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan
representasi. Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari
Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim
Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa.
Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat
read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0
mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke
mesin.
Pada Web 2.0 kegiatan jejaring sosial
sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia,
blog, friendster dan sebagainya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan
untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0
dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web
Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat
memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data
atau informasi.
Paradigma web science muncul dari sebuah
riset para ilmuan-ilmuan,Web Science adalah sebuah ilmu dari desentralisasi
sistem informasi. Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus
pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat
disadari bahwa World Wide Web adalah teknologi yang berusia baru beberapa
tahun, di sisi lain Web adalah bukan dunia yang statis tetapi super dinamis. Berbagai
riset pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
· Trend perkembangan Web
· Tantangan dalam pengembangan Web
· Mendukung untuk
ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara
online
· Pentingnya hal sosial seperti
menghargai hak privasi
· Mengidentifikasikan
varian dari penelitian Web Secara ringkas Bernes-Lee mengatakan Web
Science.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar